Rabu, 18 Maret 2015

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil ,- Kehamilan adalah hal yang dinanti para ibu. Agar pada masa kehamilan tetap sehat, banyak para ibu yang memerlukan nutrisi tambahan. Hal ini agar kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya tetap terjaga. Salah satu nutrisi yang baik untuk ibu hamil adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang hijau. 


Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil 




Mari kita lihat kandungan apa saja yang ada dalam kacang hijau tersebut :

    Asam Folat

Kandungan asam folat pada kacang hijau sangat penting untuk perkembangan otak dan kecerdasan janin. Baik juga untuk perkembangan sistem saraf bayi, dan mencegah kecacatan otak dan sumsum tulang belakang selama proses kehamilan. baca : obat herbal benjolan di payudara

    Protein

Kandungan protein dalam kacang hijau sebanyak 24%. Protein dapat membantu tumbuh kembang organ janin selama dalam kandungan. Penelitian lain menyebutkan bahwa protein juga berperan menambah volume rambut bayi selama masa kehamilan. Hal ini karena, pertumbuhan sel rambut, sangat memerlukan asupan protein.

    Vitamin B1 dan B2

Vitamin B1 dan B2 pada kacang hijau membantu penyerapan protein, tumbuh kembang janin, dan juga melancarkan pencernaan selama masa kehamilan. Vitamn B1 berkhasiat membantu pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, sumber energi, serta memaksimalkan sistem kerja syaraf. Sedangkan proses penyerapan protein dalam tubuh dapat dibantu dengan vitamin B2 ini sehingga tubuh lebih mudah dan lebih banyak menyerap protein. Kekurangan vitamin B1 dan B2 pada kehamilan dapat menyebabkan konstipasi dan juga mudah mengalami kelelahan.

    Rendah Lemak

Kandungan lemak pada kacang hijau sangat rendah. Nilai kandungan yang rendah ini sangat aman untuk jantung dan aman bagi penderita tekanan darah.

    Kalsium dan Fosfor

Asupan kalsium yang cukup selama masa kehamilan bermanfaat untuk pertumbuhan tulang pada janin serta meningkatkan kepadatan tulang ibu. Kekurangan kalsium pada ibu hamil dapat menyebabkan janin mengambil sumber kalium dari tubuh ibu, sehingga hal ini dapat membuat sang ibu terkena osteoporosis. Selain kalsium asupan fosfor berfungsi sebagai pemberi energi dan membantu metabolisme tubuh ibu hamil.

    Serat

Serat sangat baik untuk pencernaan. Bagi ibu hamil harus mencukupi asupan seratnya. Serat juga terdapat pada kacang hijau sehingga dapat membantu proses kelancaraan pencernaan dan memelihara kesehatan organ saluran pencernaan. Pencernaan yang terhambat akibat kekurangan serat dapat mengakibatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh yang tidak maksimal. baca juga :  obat herbal penyempitan pembuluh darah

Semoga bermanfaat 

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

|